HUMAS

KOTA BATU

Berita Foto

Pemaparan Hasil Kerja Program Kolaborasi USAID APIK dan IUWASH PLUS di Kota Batu

Pemaparan Hasil Kerja Program Kolaborasi USAID APIK dan IUWASH PLUS Terkait Kajian Kerentanan Mata Air dan Matrik Rencana Aksi (MRA) Mata Air Binangun Kota Batu
.
BATU, Humas – Sebagai wujud komitmen Pemerintah Kota Batu dalam menjaga kelestarian dan konservasi mata air, Pemerintah Kota Batu bersama dengan USAID dan IUWASH PLUS melakukan pemaparan hasil kajian terhadap mata air Binangun Kota Batu dalam acara cofee morning bertempat di Ruang Rapat Utama, Balai Kota Among Tani Kota Batu, Senin (01/07/2019).
.
Hadir dalam acara ini Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu H. Punjul Santoso, Deputi Chief of Party APIK Agus Hernadi, serta seluruh Kepala OPD Pemerintah Kota Batu.
.
Dalam kesempatan kali ini, Deputi Chief of Party APIK, Agus Hernadi menyampaikan bahwa sejak pertemuan 1,5 tahun yang lalu telah dilakukan introduksi atau pengenalan daerah konservasi, tepatnya di Desa Tulungrejo dengan penanaman labu siam untuk menahan laju titik hujan sehingga mengurangi tingkat erosi. Kemudian dilakukan penanaman baku dalam rangka mengamankan sisi bantaran sungai untuk mengurangi longsor, serta dilakukan pembuatan sumur resapan di beberapa daerah di Kecamatan Bumiaji yang bertujuan untuk mengimbuh air hujan serta mengurangi resiko banjir dan longsor. .
Pada kesempatan yang sama, Asep Mulyana dalam laporannya terkait Hasil Kajian Resiko dan Kerentanan Iklim mengenalkan Teknologi Analisis Geospasial yang digunakan dalam proses pengelolaan mata air Binangun dengan menganalisis informasi terkait data RT RW, kondisi geografis, curah hujan, dan sosial ekonomi. Juga menyampaikan penggunaan teknologi yang efisien, ekonomis dan tepat guna yaitu dengan membangun sumur resapan. .
Sementara itu pada kesempatan yang sama Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko mengucapkan terimakasih atas bantuan dan kerjasama dari pihak APIK dan IUWASH PLUS atas upaya yang diberikan dalam terus menjaga kondisi mata air Binangun agar seluruh mata air di Kota Batu terjaga dengan baik. .
Foto : @danielh3rmanto, Penulis Berita : @hadiwe87@citadianggraa, Video : @aristraputra

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *