HUMAS

KOTA BATU

Berita Foto

Wali Kota Hadiri Batu Cable Car’s Gathering

BATU,Humas – Wali Kota Batu Dra.Hj.Dewanti Rumpoko menghadiri kegiatan Batu Cable Car’s Gathering yang diselenggarakan oleh Among Tani Foundation di gedung Graha Pancasila Balaikota Among, Jl.P.Sudirman no.507, Kota Batu, Senin (9/9/2019). Hadir dalam kegiatan ini Staf Khusus Kepala Staf Kepresidenan Eddy Soepadmo, Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, Ketua TP.PKK Batu Wibi Asri, Pabung Kodim 0818 Batu-Malang Mayor Arm.Choirul Effendi, Anggota DPRD Kota Batu, Sekda beserta pimpinan OPD Kota Batu, CEO Among Tani Foundation Ganisa Pratiwi dan jajaran pengurus Among Tani Foundation, LVRI Batu, serta 200 kelompok masyarakat Kota Batu.

Kegiatan ini mengundang masyarakat Kota Wisata Batu untuk sosialisasi rencana pembangunan Cable Car di Kota Wisata Batu. Karena cable car ini menjadi satu satunya pilihan yang tepat untuk diaplikasikan dikota batu dalam menambah geliat pariwisata di Kota Batu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Batu,pertumbuhan sektor pariwisata serta penyelarasan moda transportasi yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Wali Kota Batu Dra.Hj.Dewanti Rumpoko dalam sambutannya mengatakan bahwa setelah dilaksanakan survei, sangat memungkinkan Kereta Gantung dibangun di Kota Batu. Untuk keamanan dan ketangguhan, dipilih Perusahaan asal Austria Doppelmayr/Garaventa. Beliau juga menyampaikan dengan sistem saham, diharapkan yang memiliki saham terbesar adalah Masyarakat Kota Batu sendiri. Masyarakat akan diberikan kesempatan dan kebebasan mau menyumbang berapapun untuk kereta gantung ini. Beliau juga sudah berkonsultasi juga dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk teknis pengelolaan saham.

Rencananya, Kereta Gantung akan dibangun sepanjang 14 KM dalam 5 tahap. Namun, untuk tahap pertama, akan dibangun kira-kira 4-5 KM dengan 2 stasiun utama dan 3 sub stasiun. Pada tahun 2019 untuk masa perencanaan, tahun 2020 mulai pembangunan selama satu tahun setengah dan pada 2021 Kereta gantung akan dioperasikan. Dengan konsep bisnis yang mempergunakan tiket, ruang iklan, ruang komersial dan ekosistem digital, diharapkan Kereta gantung ini dapat mendukung kegiatan ekonomi kreatif, pertanian dan kepariwisataan, sekaligus menyediakan lahan pekerjaan baru bagi Masyarakat Kota Batu. (hms/pandermannews)

fotografer : daniel hermanto / berita : hadi wahyono

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *