HUMAS

KOTA BATU

Berita Foto

Wagub Jatim Dorong Percepatan Kolaborasi Perkembangan Pariwisata di Malang Raya

MALANG, Humas Batu – Walikota Batu Hj. Dewanti Rumpoko menjadi narasumber dalam kegiatan Brawijaya Tourism Forum, yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB), di Malang, Kamis (12/09/2019).

Selain walikota menjadi narasumber dalam kegiatan ini Wakil Gubernur Jawa Timur Dr. Emil Elistianto Dardak, Walikota Malang Sutiaji, Walikota Batu Dewanti Rumpoko, Plt. Bupati Malang H. M. Sanusi, Dekan FIA UB Dr. Bambang Supriyanto, Pakar Kajuan Sosial FISIP UB Lutfi Amirudin, Pakar Tata Wilayah Kota FT UB Nindya Sari, Direktur Jawa Pos Radar Malang Kurniawan Muhammad, Jawa Timur Park Grup Ir. Suryo.

Wagub Jatim Emil Dardak mengungkapkan bahwa potensi pariwisata di Malang Raya sangat banyak. Dan memungkinkan untuk dikembangkan dalam kolaborasi dalam satu wilayah untuk mendukung perkembangan wilayah Malang Raya.

Bahkan wagub menyampaikan cable car yang nanti akan dibangun di Kota Batu, bisa mendatangkan wisatawan lebih banyak. Sesuai arahan Presiden RI beberapa saat lalu, bahwa di Jawa Timur akan fokus pada Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

“Malang Raya harus bisa mengambil peluang potensi wisatawan yang berkunjung ke Bromo, lalu melanjutkan perjalanannya ke Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang,” ungkap Wagub.

Diperlukan adanya satu branding khusus untuk wilayah Malang Raya hingga nanti akan melekat dihati masyarakat.

Dekan FIA UB Bambang Supriyanto mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut kolaborasi pengembangan pariwisata Malang Raya, yang sudah disepakati dalam pertemuan sebelumnya. Bahkan dimungkinkan akan dibentuk Badan Kerjasama Daerah.

Sementara itu Walikota Batu Hj. Dewanti Rumpoko menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi di Kota Batu tidak lepas dari kemajuan Kota Malang dibidang pendidikan dengan jumlah mahasiswa baru 100.000 setiap tahun.

Walikota menambahkan bahwa kunjungan wisatawan ke Kota Batu mencapai 6,5 juta pada tahun 2018. Tidak mudah tercapai, apabila sinergitas dan pembangunan infrastruktur di Malang Raya belum terwujud. Walikota mencontohkan keberadaan tol Pandaan – Malang, memperlancar arus kunjungan wisatawan di Kota Batu.

Kegiatan ini selain diikuti oleh praktisi dan akademisi, juga dihadiri kepala Bappelitbangda Kota Batu, OPD Kota Batu, OPD Kab. Malang dan OPD Kota Malang serta mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi UB.
.
.
.
.
.
Foto : Edy Susanto / Humas Kota Batu

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *