HUMAS

KOTA BATU

Berita Foto

Walikota Sidak Tiga Lokasi, Sasar Wisatawan Yang Tidak Disiplin

Batu, Humas – Walikota Batu Hj Dewanti Rumpoko bersama Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Pratama, Pabung Kodim 0818 Mayor Arm Choirul Effendi bersama tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batu melaksanakan sidak di tiga lokasi sasaran secara acak, Sabtu (4/7/2020).

Hasilnya, walikota bersama tim menemukan beberapa wisatawan dan masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker dan tidak mematuhi protokol kesehatan.

Walikota juga memerintahkan rapid test bagi orang-orang yang diketahui berasal dari luar Kota Batu. Selain itu masyarakat yang tidak menggunakan masker.

Mereka diketahui berasal dari daerah luar Kota Batu. Misalnya dari Surabaya, Nganjuk, Pasuruan. Disamping itu, Sidoarjo, Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Bude mengaku, dalam pemantauannya masyarakat Kota Batu dan pengunjung wisatawan sekitar 95 persen membawa dan menggunakan masker.

“Setiap hari kami akan terus berpatroli untuk mengontrol dan mendisiplinkan masyarakat.Teringat penegasan dari Gubernur Jatim, Bu Khofifah beliau bilang bahwa 70 persen masyarakat Jatim tidak disiplin menggunakan masker. Tapi alhamdulillah untuk Kota Batu jauh sudah lebih baik” katanya.

Selanjutnya, kata dia, dengan adanya pembukaan alun-alun, menurutnya pada hari weekend diakui terjadi peningkatan jumlah pengunjung yang datang. “Sehingga terjadi kerumunan banyak orang. Kami meminta kesadaran masyarakat untuk tetap menaati Standar Operasional Prosedur (SOP) Kesehatan,” tambah walikota.

Walikota juga bertindak tegas kepada pedagang yang ketahuan tidak menggunakan masker, tidak diperbolehkan berjualan.

“Saya sudah bilang ke Pak Eko Suhartono, Kepala Diskoperindag, bagi pedagang yang ketahuan tidak menggunakan masker tidak diperbolehkan berjualan karena kami ingin menjaga Kota Wisata Batu terutama pedagang,” tegasnya.

Walikota pada saat meninjau penjual di alun-alun ada 16 orang dirapid test. Kemudian di Kafe Omah Kumpul sejumlah 2 orang dan di Jl Jalibar, Oro-Oro Ombo terdapat sejumlah 19 orang.

Sebelumnya dilaksanakan apel bersama di Balaikota Among Tani, guna mengecek kesiapan petugas dalam pelaksanaan sidak pada kegiatan kali ini.

Foto @sam_napot

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *