IDUL FITRI 1438 H

  • on 10 Juli 2017
  • 0 Comments

SAMBUTAN WALIKOTA BATU DALAM RANGKA MENYAMBUT HARI RAYA IDUL FITRI  TANGGAL 1 SYAWAL 1438 H
Batu, 25 JUNI 2017
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera bagi kita semua,
Yang saya hormati :
- Forkompinda Kota Batu;
- Wakil Walikota Batu;
- Para Alim ulama se-Kota Batu;
- Para Tokoh agama, masyarakat dan pemuda se-Kota Batu;
Hadirin, undangan dan para jamaah yang saya hormati.
  ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR...
Segala puji hanya milik Allah, zat Yang Maha Agung, Maha Tinggi dan Maha Mulia. Kepada-Nya segenap makhluk bergantung dan hanya kepada-Nya segala sesuatu akan kembali. Dialah al-Khaliq al-Mudabbir, zat yang telah menciptakan dan mengatur alam semesta ini dengan seluruh aturan-Nya yang utuh dan sempurna. Dialah zat yang Maha Pembuat Hukum, yang hukum-hukum-Nya membawa rahmat bagi semesta alam. Dialah satu-satunya zat yang akan meminta pertanggungjawaban manusia pada yaumul hisab, terhadap segala perbuatan manusia di dunia.
Dialah yang akan menimpakan azab yang pedih, neraka dengan api yang menyala-nyala, membakar siapa saja yang melanggar perintah dan larangan-Nya. Dia pula yang akan memberikan balasan berupa kenikmatan surga ---yang luasnya seluas langit dan bumi--- untuk siapa saja yang telah beramal sesuai dengan syariat-Nya dan kepada orang-orang yang iklash memperjuangkan kemuliaan Islam dan umatnya.
Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan dan teladan kita, Nabi Besar Muhammad SAW, keluarganya, para shahabat, serta para pengikutnya yang tetap istiqamah berjuang untuk menegakkan dan menjalankan hukum-hukum Allah SWT, serta menyebarkan risalah-Nya ke seluruh penjuru dunia hingga di akhir masa.
ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR WA LILLAHIL HAMD
  Puasa mengantarkan manusia menemukan jati dirinya menjadi pembakti dan pengabdi kepada penciptanya, sesuai dengan fitrahnya. Secara naluriah manusia mempunyai instink yang kuat untuk membaktikan diri kepada Allah. Tetapi kenyataannya tidak semudah itu menjadi hamba Allah yang baik. Sebab ada nafsu yang ditempatkan terlalu tinggi diatas akal sehatnya oleh manusia. Mereka menjadi budaknya. Dengan puasa manusia dikembalikan pada fungsi sebenarnya.
  Orang-orang yang bertaqwa pada dasarnya adalah mereka yang mampu menguasai diri mengendalikan dirinya dari perbuatan yang tidak terpuji dan munkar. Ketaqwaan yang diperoleh melalui diklat puasa ini berfungsi sebagai motivator dan dinamisator bagi manusia dalam menjalankan tugasnya sebagai khalifatullah.
  Memang puasa selama bulan Ramadhan melatih kita agar mampu bersabar, berdisiplin tinggi, mengendalikan hawa nafsu, solidaritas yang tinggi terutama kepada kaum fakir miskin, kasih sayang yang saling memaafkan antar sesama.
Banyak hikmah yang terkandung dalam ibadah ini. Dengan berpuasa kita di ajarkan untuk melatih kesabaran, ketabahan, ketahanan diri, kerendahan hati, kecermatan bicara, kebenaran dan kejujuran ucapan dan prilaku.

ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR,ALLAHU AKBAR WA LILLAHIL HAMD
Dengan zakat “menggodok” kita untuk lebih “peduli” pada kesengsaraan, kemelaratan, kemiskinan, yang masih menyelimuti kehidupan sebagian dari masyarakat kita. Di puncak perjuangan itu bagi Kita adalah mengharapkan ridho dari Allah SWT agar ibadah kita di bulan Ramadhan dapat di terima oleh Allah SWT sesuai dengan janji Allah, Yaitu memperoleh kemenangan di hari yang suci ini, kitapun kembali kepada kesucian : suci harta, suci pikiran dan suci jiwa.
Sudah menjadi harapan kita bersama, agar kemenangan itu memang termanifestasi dalam sikap, prilaku dan usaha kita di saat ini dan di masa-masa yang akan datang. Esensi Idul Fitri haruslah kita jadikan momen yang “bermakna” dalam upaya kita meningkatkan kualitas ke-Islaman, ke-Imanan dan kualitas kehidupan kita. Melalui kesempatan yang amat berbahagia ini, dengan kembalinya kita menjadi fitri, semangat dalam membangun diri dan keluarganya, akan membentuk untuk kita selalu peduli apa yang terjadi terhadap masyarakat disekitar kita serta bangsa dan negara ini dalam menjaga ketertiban, ketentaraman yang selama ini kita bina.
Hanya dengan cara dan usaha-usaha seperti itu, Insya Allah, kita dapat melewati krisis multi dimensi ini dengan selamat. Dan marilah kita jadikan 1 Syawal 1438 Hijriah yang suci ini sebagai titik awal tekad dan usaha kita untuk mewujudkan kehidupan yang sejahtera lahir dan batin di bumi yang kita cintai ini.
Mengakhiri sambutan ini, marilah kita jadikan hari Raya Idul Fitri ini untuk lebih memperkokoh Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Wathaniyah, melangkah dengan semangat Ramadhan menghadapi berbagai tantangan dan menjawab berbagai permasalahan masa depan, Insya Allah kita dapat mewujudkan hari esok yang lebih baik.

Akhirnya atas nama Pemerintah Kota Batu, Masyarakat, pribadi dan keluarga mengucapkan“ Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Minal Aidin Wal Faidzin, Taqoballahu Minna Wa Minkum. Semoga amal ibadah puasa kita dan ibadah yang lainnya diterima oleh allah SWT.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
       
WALIKOTA BATU
Ttd.

EDDY RUMPOKO


Artikel Terkait

Artikel Lainnya +
SAMBUTAN HARI KARTINI

Touched By Mr.4c1L Cr0tZz

PEMBUKAAN PASAR MURAH HARI JADI KOTA BATU KE-16

SAMBUTAN WALIKOTA BATU
PADA PEMBUKAAN PASAR MURAH
DALAM RANGKA HARI JADI
KOTA WISATA BAT

KEJUARAAN PROVINSI BRIDGE DAN PIALA WALIKOTA BATU TAHUN 2017

SAMBUTAN WALIKOTA BATU
PADA ACARA PEMBUKAAN
KEJUARAAN PROVINSI BRIDGE TAHUN 2017 DAN
PIA