IDUL ADHA 1438 H

  • on 01 September 2017
  • 0 Comments

SAMBUTAN WALIKOTA BATU PADA ACARA
HARI RAYA IDUL ADHA 1438 HIJRIYAH

Jum’at, 1 September 2017


Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamu’alaikum Warrohmatullahi Wabarrokatuh,
Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar,
Laillaa Haillallaa Huallaahu Akbar,
Allahu Akbar Walillah Ilham,

Mengawali sambutan ini, marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena hanya atas rahmad dan karunia-Nya, sehingga kita masih diberikan nikmat kesehatan dan kesempatan untuk melaksanakan ibadah Sholat Idhul Adha 1438 Hijriyah di pagi hari yang berbahagia ini. Semoga semua amal ibadah kita dalam menjalankan ibadah kurban nanti, diterima oleh Allah SWT,   Tuhan Yang Maha Kuasa dan dibalas-Nya dengan pahala yang berlipat ganda, Amin.
Hadirin Jamaah Sholat Idul Adha yang dimuliakan Allah,
Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa bulan Dzulhijjah atau yang dikenal dengan Bulan Haji merupakan bulan yang bersejarah bagi umat Islam. Peringatan Hari Raya Idul Adha membawa kita pada memori kolektif kaum beriman, untuk diingatkan kembali bahwa Nabi Ibrahim tampil sebagai manusia pertama yang mendapat ujian pengorbanan dari Allah SWT. Beliau harus menunjukkan ketaatannya yang totalitas dengan menyembelih putra kesayangannya yang dinanti kelahirannya sekian lama.
Karena itu, dengan melihat keteladanan berqurban yang telah ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim, merupakan bukti kecintaan beliau kepada Allah SWT dengan sabar dan ikhlas. Dengan ketauladanan Nabi Ibrahim dapat kita aktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, dengan melaksanakan suatu pekerjaan disertai hati yang sabar serta ikhlas, karena apa yang kita kerjakan merupakan wujud ibadah kita kepada Allah SWT.
Selain ibadah haji, pada hari ini umat Islam juga merayakan Hari Raya Idul Adha, seperti yang kita laksanakan pada hari ini. Guna menyambut dan menyemarakkan Hari Raya Idul Adha, dunia Islam disambut dengan lantunan takbir dan kumandang tahlil serta tahmid di iringi dengan tabuhan bedug yang menggema di seluruh jagad raya.                        
Hadirin, Kaum Muslimin Serta Jamaah Idul Adha Yang Berbahagia,

Spirit pengorbanan dan rasa kebersamaan diantara kita sebagaimana telah diajarkan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, harus senantiasa ditanamkan dalam jiwa, serta diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Saya yakin dan percaya dengan sikap demikian itu, maka solidaritas kita akan semakin kuat dan dapat menjadi modal   yang sangat berharga dalam membangun daerah guna mewujudkan Visi dan Misi Kota Wisata Batu yaitu Sentra Pertanian Organik Berbasis Kepariwisataan Internasional.
Inilah makna yang sebenarnya dari perayaan Idul Adha, yaitu bagaimana menumbuhkan semangat dan kesadaran berkurban dalam konteks yang lebih luas. Berkurban tidak hanya terbatas dan berhenti pada aktivitas penyembelihan hewan ternak saja, akan tetapi semakin meningkatnya keikhlasan kita untuk memberikan apapun yang kita miliki, baik waktu, tenaga dan pikiran, serta harta benda sebagai sarana untuk beribadah kepada Allah. Dengan kata lain melalui spirit berkurban diharapkan bisa menyelesaikan persoalan bangsa, agar kehidupan kembali menemukan adabnya.
Berkaitan dengan hal tersebut pada kesempatan yang baik ini, perkenankanlah kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berkurban dengan niat yang tulus dan ikhlas, dan semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah serta diampuni dosa dan kesalahannya.
Demikian halnya dengan Saudara-saudara kita yang saat ini sedang menunaikan ibadah haji, semoga diberikan kekuatan dan kesehatan sehingga dapat menunaikan seluruh rangkaian ibadah haji dan bisa kembali lagi ke tanah air dalam keadaan selamat dan sehat wal’afiat, serta diterima hajinya oleh Allah sebagai haji yang mabrur.

Hadirin Jamaah Sholat Idul Adha Yang Berbahagia,
Demikian sambutan ini, mudah-mudahan dengan semangat Idul Adha, mari kita bangun kehidupan baru yang damai, penuh toleransi dan saling membantu sekaligus membangun solidaritas sosial dan peduli terhadap sesama.
Selamat Idul Adha 1438 Hijriyah, semoga Allah SWT, senantiasa menyertai dan menganugerahi langkah-langkah kita dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada bangsa, negara dan masyarakat. Sekian dan Terima Kasih.
Wassalammu’alaikum Warrahmatulahi Wabarokatuh,


WALIKOTA BATU
ttd

H. EDDY RUMPOKO

Artikel Terkait

Artikel Lainnya +
FESTIVAL CIPTA, KREASI DAN INOVASI PANGAN BERBASIS BAHAN BAKU LOKAL KARYA CIPTA ANAK BANGSA

SAMBUTAN WALIKOTA BATU
PADA ACARA FESTIVAL CIPTA, KREASI DAN INOVASI PANGAN BERBASIS BAHAN BAK

BENCHMARKING DIKLATPIM TINGKAT IV ANGKATAN XIV KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN KE KOTA BATU

SAMBUTAN WALIKOTA BATU
PADA ACARA BENCHMARKING DIKLATPIM TINGKAT IV ANGKATAN XIV KABUPATEN PAN

PELEPASAN KONTINGEN SATUAN KOMUNITAS PRAMUKA MA'ARIF NU KOTA BATU

SAMBUTAN WALIKOTA BATU
PADA ACARA PELEPASAN KONTINGEN SATUAN KOMUNITAS PRAMUKA MA'ARIF NU KOTA